Selasa, 30 September 2014

Tips belajar bahasa arab bagi pemula

tips belajar bahasa arab
tips belajar bahasa arab bagi pemula
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi Tips belajar bahasa arab bagi pemula. Tidak semua umat muslim mengerti bahasa arab, padahal bahasa arab adalah bahasa al-quran dan hadist-hadist, begitu pula pelajaran pokok-pokok agama seperti fiqih dan lainnya rujukan kitab-kitabnya adalah kitab-kitab berbahasa arab, meskipun ada terjemahan, tapi tentunya buku terjemahan yang versi cetak harganya lumayan, sehingga cukup berat jika membeli buku-buku tersebut. Sedangkan kitab-kitab yang berbahasa arab saat ini memungkinkan bagi kita untuk mendownloadnya. Anda juga dapat membaca tulisan saya sebelumnya terkait koleksi dvd tutorial bahasa arab.

Agar kita dapat mengerti bahasa arab tentu kita harus mempelajarinya. Dulu kesempatan mempelajari bahasa arab lebih banyak didapatkan oleh pelajar yang sekolah di pondok pesantren atau yang sekolah di madrasah baik ibtidaiyah, tsanawiyah, maupun aliyah. Meskipun tidak jarang para pelajar tersebutpun masih kesulitan memahami bahasa arab.

  • Pertama yang perlu kita tanamkan dalam diri kita adalah, betapa pentingnya bahasa arab, dengan demikian kita akan sangat termotivasi untuk mempelajari, dan kita juga akan istiqomah untuk terus mendalaminya sampai tua sekalipun karena manfaat bahasa arab bukan sekedar untuk jangka pendek, tapi untuk bekal kita hidup, karena bahasa arab merupakan kunci bagi pintu-pintu ilmu agama islam.
  • Kedua pahami rahasia utama tata bahasa arab, yaitu nahwu dan sorof, nahwu lebih banyak mengulas tentang tanda baca dan kedudukan setiap akhir kata dalam bahasa arab dan sorof lebih banyak mengulas tentang perubahan bentuk kata dalam bahasa arab.
  • Ketiga jauhkan diri kita dari mitos atau anggapan yang membuat kita merasa tidak mungkin menguasai bahasa arab, seperti anggapan bahwa untuk bisa berbahasa arab harus menguasai kitab-kitab nahwu klasik, seperti jurumiyah, alfiyah, dll. Tidak harus, karena pada dasarnya tata bahasa arab itu sama saja, tidak berubah sejak dulu, baik itu yang dijelaskan di kitab-kitab klasik ataupun yang dijelaskan pada buku-buka yang lebih ringan dan sederhana yang sekarang ini banyak ditemui. Bedanya hanya pada cara menjelaskannya saja. Justru jika kita memulai dari kitab-kitab klasik malah bingung sendiri karena bahasanya adalah bahasa syair, yang butuh penjelasan lebih banyak agar mudah dimengerti.
  • Keempat, mulailah dari yang mudah, secara bertahap tingkatkan ke yang lebih sulit
  • Biasakan menerjemahkan dengan menggunakan kamus, saat ini sudah tersedia banyak sekali kamus bahkan yang versi online pun sudah sangat bagus, Anda bisa membaca juga artikel Kamus bahasa arab online.
Jika Anda bingung bagaimana memulainya, kami menyediakan DVD koleksi tutorial bahasa arab yang tersedia di internet yang dapat di download, lihat selengkapnya pada tautan dvd tutorial bahasa arab. Mari belajar bahasa arab untuk kebaikan diri, keluarga, dan agama.

0 komentar:

Posting Komentar